Sabtu, 17 Februari 2018

JENIS-JENIS PRAKARYA

PRAKARYA BAHAN BUATAN


        Prakarya yang dibuat atau diciptakan dari bahan yang sengaja dibuat(oleh manusia) untuk dijadikan bahan dasar dari suatu kerajinan tangan atau prakarya. Bahan dasar dari bahan yang akan dibuat sebagai bahan pembuat prakarya atau kerajinan tangan ini biasanya dibuat dari bahan sintetis atatu tiruan tidak berasal dari alam langsung, bahan sintetis ini biasanya berasal dari bahan kimia ataupun campurannya maupun turunannya. 

Contoh dari bahan sintetis seperti parafin(bahan dasar pembuatan lilin), plastisin(turunan dari lilin hanya lebih lunak), plastik,melamin dan lain sebagainya. 
        Adapun pembuatan bahan sintetis ini bertujuan untuk mempermudah dalam pembuatan/pembentukan suatu kerajinan tangan ataupun prakarya. Jepang, China dan Korea adal beberapa negara yang banyak memproduksi bahan-bahan sintetis. 
        Selain sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan atau prakarya bahan sintetis yang telah diuji kemanannya (tidak beracun) banyak dibuat mainan anak-anak oleh prabrik mainan.  
Sedangkan bahan dasar dari pembuat kerajinan tangan atau prakarya yang bersifat campuran antara bahan dari alam maupun bahan kimia adalah gips (berbahan dasar kapur), bubur kertas (berbahan dasar serat kayu) dan lain sebagainya.
        Untuk membuat prakarya atau kerajinan tangan sangat dibutuhkan dalam pemilihan bahan dasar yang tepat. Tentu berbeda bahan dasarnya jika kita ingin membuat prakarya lunak dengan prakarya keras. Contoh: patung sabun membutuhkan bahan dasar yang lunak, sedangkan patung semen membutuhkan bahan dasar yang keras (mengeras).  

PRAKARYA BAHAN DARI ALAM

        Prakarya atau kerajinan tangan yang berbahan dasar asli dari alam tidak berbahan sintetis, tentu memilik keunggulan tersendiri. Bahan dasar dari alam mudah di dapat di sekitar kita, tidak beracun.
        Namun kekurangan dari prakarya atau kerajinan tangan dari alam adalah mudah rusak (membusuk) dan agak sulit dalam pembuatan/pembentukannya dibanding berbahan dasar sintetis.
Contoh dari prakarya atau kerajinan tangan ini adalah wayang dari rumput (wayang suket) yang berasal dari jawa tengah, mobil-mobilan dari kulit jeruk bali.
        Prakarya atau kerajinan tangan berbahan dasar asli dari alam sudah sangat sulit ditemui karena kekurangannya yang mudah rusak.   

JENIS-JENIS PRAKARYA BERDASARKAN BAHAN DASARNYA

1. Berbahan dasar lunak 
Berbahan dasar berkarakter lunak yang mudah dalam pembuatan/pembentukannya,
seperti patung sabun, patung lilin, rumah kardus, rumah sterofoam dan lain sebagainya.

2. Berbahan dasar sedang 
Berbahan dasar yang tidak terlalu keras maupun lunak, seperti kincir angin dari gelas mineral.

3. Berbahan dasar keras
Berbahan dasar dengan karakter keras dibutuhkan peralatan khusus dalam pebuatan/pembentukannya, seperti Aquarium mika maupun kaca, topeng kayu, berbahan dasar triplek(plywood) dan lain sebagainya.

Beberapa contoh bisa dilihat di Channel Kreatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Membuat Ukiran Sabun Emoji Dengan Sketsa Dan Petunjuk Pembuatan Untuk Pemula | DIY Soap Carving | Sangat Mudah

Cara Membuat Ukiran Sabun Emoji Dengan Sketsa Dan Petunjuk Pembuatan Untuk Pemula - Easy DIY Soap Carving For Beginner  - Sangat Mudah #Ukir...