Senin, 19 Februari 2018

Awal Mula Prakarya

Karena kehidupan kita yang berhubungan langsung dengan alam, membuat kita berusaha untuk menyesuaikan diri dengan alam. Namun kita sebagai manusia memiliki banyak keterbatasan, tetapi keterbatasan ini bukan halangan bagi kita untuk dapat bertahan hidup dengan membuat peralatan yang mendukung kehidupan kita sebagai manusia. Peralatan-peralatan inilah yang kemudian kita sebut sebagai kerajinan tangan atau prakarya.

Kerajinan tangan ini terus tumbuh dan berkembang seperti yang kita kenal sekarang. Bahkan tiap-tiap daerah baik di dalam maupun di luar negeri memiliki kerajinan tangan yang berbeda-beda sesuai ciri khas daerah-tersebut. Bahan semua karya yang ada saat ini baik tradisional manual maupun modern berteknologi tinggi berasal mula dari kerajinan tangan atau prakarya. Semua peralatan modern berawal dari prakarya atau diawali dengan pembuatan model (Prototype). Semua itu bertujuan untuk menunjang kehidupan kita sebagai manusia.

Kondisi sosial dan budaya sangat mempengaruhi perkembangan dari kerajinan tangan atau prakarya, hal ini berkaitan langsung dengan kebutuhan dari masyarakat. Banyak kita temukan di pasaran produk-produk kerajinan yang menunjang kehidupan kita seperti perabot rumah tangga, Pernik-pernik hiasan rumah, peralatan dapur, peralatan kantor, mainan anak-anak dan lain-lain.

Berbagai jenis kerajinan yang bias kita temukan di pasaran di berbagai tempat baik itu adalah kerajinan berbahan dasar lunak dari alam (alami) maupun buatan (sintetis). Barang-barang tersebut ada yang berbahan dasar lunak seperti berbahan dasar tanah liat, sabun, lilin dan lain sebagainya, kemudian diolah menjadi bergai macam barang kebutuhan ataupun cinderamata.

Selain berasal dari bahan dasar baru yang memang diperuntukan bagi pembuatan kerajinan, ada juga yang dibuat dari berbagai limbah yang masih bisa diolah menjadi kerajinan yang bermanfaat dan berguna untuk kehidupan kita sehari-hari.

Begitulah sedikit penjelasan tentang Prakarya atau kerajinan tangan mulai dari mana awal mula kerajinan dibuat hingga pemanfaatan kembali  recycle limbah menjadi barang yang bermanfaat dan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Membuat Ukiran Sabun Emoji Dengan Sketsa Dan Petunjuk Pembuatan Untuk Pemula | DIY Soap Carving | Sangat Mudah

Cara Membuat Ukiran Sabun Emoji Dengan Sketsa Dan Petunjuk Pembuatan Untuk Pemula - Easy DIY Soap Carving For Beginner  - Sangat Mudah #Ukir...