Rabu, 21 Februari 2018

MENGEMBANGKAN HASIL KARYA

        Dibutuhkan wawasan, pemahaman dan pengetahuan dari bahan dasar untuk pembuatan kerajinan agar mampu mengembangkan karya yang lebih baik. Teknik pembuatan dan penguasaan dalam menggunakan peralatan juga mempengaruhi hasil dari karya kerajinan. Tentu saja semua itu bisa didapat dan dilakukan dengan cara memperluas wawasan, pengetahuan dan pemahaman baik tentang bahan dasar pembuatan maupun teknik pembuatan.

        Kemampuan seorang pengrajin dalam hal pengembangan dan penciptaan hasil karyanya bisa diamati dari hasil karyanya. Seorang pengrajin dengan kemampuan, pengetahuan tentang tehnologi tentu akan menghasilkan karya yang lebih baik dibanding dari pengrajin tradisional tanpa pengembangan ilmu teknologi dan wawasan.

        Pada saat ini sudah cukup banyak pengrajin(Handmade) yang begitu menguasai teknologi serta berpengetahuan luas. Misalnya seorang pengrajin kayu yang memodifikasi radio dengan tampilan kayu(Radio Kayu). Tentu pengrajin ini harus menguasai ilmu elektronika dan ketrampilan mengolah kayu. Ada juga seorang pengrajin yang mampu membuat gitar listrik dengan tampilan etnik, tentu harus memahami musik, menguasai pengolahan kayu dan memiliki wawasan tentang budaya(cultur) suatu daerah tertentu. 


radio terbuat dari kayu
RADIO KAYU

        Kemampuan mencipta/kreasi(create) dan mengembangkan/inovasi sangat dibutuhkan oleh para pengrajin. Diawali dengan melakukan percobaan/bereksperimen untuk menciptakan hasil karya yang baru berdasarkan perkembagan sosial masyarakat dan permintaan pasar. Oleh karena itu kerajinan bisa disebut produk yang bisa dipasarkan sedangkan prakarya adalah prototype(purwarupa)/contoh bukan produk untuk dipasarkan tapi merupakan master awal yang bisa diproduksi secara massal dan kemudian dipasarkan. 

Kerajinan bisa dibagi dalam beberapa kategori antara lain :

  • Kerajinan Tradisional  : Karya yang berupa benda praktis untuk keperluan tradisi dan adat istiadat, dibuat dengan tangan. 
  • Kerajinan Tangan   : Karya dengan keterampilan tangan, diproduksi massal tanpa menggunakan mesin, berbeda dengan industri.
alat musik tradisional angklung
ALAT MUSIK TRADISIONAL ANGKLUNG



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Membuat Ukiran Sabun Emoji Dengan Sketsa Dan Petunjuk Pembuatan Untuk Pemula | DIY Soap Carving | Sangat Mudah

Cara Membuat Ukiran Sabun Emoji Dengan Sketsa Dan Petunjuk Pembuatan Untuk Pemula - Easy DIY Soap Carving For Beginner  - Sangat Mudah #Ukir...