Selasa, 20 Februari 2018

MENAMBAH WAWASAN TENTANG PRODUK PRAKARYA

Berkunjunglah ke banyak tempat pameran tentang kerajinan tangan maupun hasil karya terbaru tentang prakarya. Karena gengan banyak berkunjung ke pameran-pameran kerajinann tentu akan menambah wawasan kita tentang prakarya.

Pusat-pusat kerajinan tangan seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah pusat di mana kerajinan tangan dari seluruh wilayah dari berbagai daerah di Indonesia di pamerkan. Di tempat inilah kita bisa menambah wawasan, ilmu dan mendapatkan banyak inspirasi dari kerajinan tangan.

cangkang kerang bahan dasar perhiasan
CANGKANG KERANG
BAHAN DASAR PEMBUATAN HIASAN
Tidak semua kerajinan tangan daerah terbuat dari bahan dasar material alami, beberapa juga banyak menggunakan bahan dasar sintetis atau buatan yang masih harus diimpor dari luar negeri.

Sangat berguna bila kita mau mempelajari tentang kerajinan tangan dari seluruh daerah di Indonesia dan mengembangkannya.
Kerajinan dari tiap daerah di Indonesia dapat menjadi alat untuk memperkenalkan budaya daerah tersebut. Kerajinan setiap daerah  memiliki bentuk dan desain yang berbeda, kita dapat mengenal suatu daerah melalui kerajinannya. 
CANGKANG KERANG BAHAN DASAR ALAMI
BANYAK DIJUMPAI DI SELURUH WILAYAH INDONESIA 

Kebanyakan kerajinan tangan tiap daerah di Indonesia terbuat dari bahan dasar alami (berasal dari alam), ada juga yang terbuat dari bahan dasar sintetis(buatan) namun tidak sebanyak yang terbuat dari bahan dasar alami, selain itu ada juga kerajinan yang terbuat dari bahan campuran antara bahan alami dan buatan. Pencampuran bahan dasar pembuatan kerajinan dilakukan untuk mempermudah dalam pembentukan dan pembuatan kerajinan.


Kerajinan tangan yang dibuat untuk kebutuhan dan keperluan rumah tangga biasanya lebih banyak menggunakan bahan alami seperti kayu, rotan, bambu untuk membuat meja, kursi dan lain-lain. Sedangkan bahan tiruan atau bahan buatan biasanya lebih sering digunakan untuk pernik-pernik hiasan seperti plastik untuk kap lampu, melamin untuk perlengkapan makan, tas dari kulit tiruan dan bunga dari plastik serta bross yang sering digunakan sebagai perhiasan wanita. Seperti bahan tiruan atau buatan begitu juga dengan bahan campuran lebih banyak digunakan dlam pembuatan kerajinan yang bersifat perhiasan.


kap lampu dari rotan
KAP LAMPU DARI ROTAN (LAMPION)
Walaupun terbuat dari bahan-bahan yang sederhana namun kerajinan tangan mempunyai nilai budaya, keindahan dan estetika yang tinggi. Semakin baik dan terampil dalam pembentukan dan pembuatan tentu akan menambah bagus hasil dari kerajinan tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Membuat Ukiran Sabun Emoji Dengan Sketsa Dan Petunjuk Pembuatan Untuk Pemula | DIY Soap Carving | Sangat Mudah

Cara Membuat Ukiran Sabun Emoji Dengan Sketsa Dan Petunjuk Pembuatan Untuk Pemula - Easy DIY Soap Carving For Beginner  - Sangat Mudah #Ukir...